Senin, 25 Mei 2009

Langkah-Langkah Mengubah Karir

Apa langkah-langkah mengubah karir Anda? Berikut ini adalah tips dari Christine M. Glasco dari CG Consulting Groups:
  1. Pertama, identifikasikan pendidikan Anda, latar belakang, peran, pengalaman, semangat dan kompetensi (keterampilan). Kemudian catat pada notebook atau buku semua yang sudah Anda lakukan. Daftar ini harus mencakup semua kejadian, semua pencapaian yang sudah Anda lakukan secara detail. Tidak perlu terlalu rapi, yang penting Anda membuatnya secara lengkap.
  2. Cara terbaik untuk menuliskan hal-hal yang sudah Anda lakukan adalah dengan metode : PAR (Problem), CAR (Circumstance) dan STAR (Situation or Task). Identifikasi apa yang sudah Anda lakukan secara qualitatif.
  3. Setelah Anda telah mengidentifikasi setidaknya lima puluh sampai dengan seratus daftar yang sudah Anda lakukan, Anda dapat menyusun mereka dalam kategori dan menganalisis daftar berdasarkan jenis dan tingkat kepuasan masing-masing dengan jenis prestasi. Analisis ini akan membawa Anda untuk menemukan pola dari aktivitas yang mampu Anda kerjakan dengan memuaskan.
  4. Selanjutnya, berikan nilai pada masing-masing kegiatan yang sudah Anda lakukan tersebut. Apa yang unik tentang Anda? Kemudian tulis tujuan karir Anda selama 5 sampai 7 tahun dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan.
  5. Pahami apa yang sudah Anda lakukan, proposisi nilai, tujuan karir dan pastikan Anda tahu langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda menuju ke arah transformasi karir.
(bundabekerja.blogspot.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar